Jumat, 14 November 2008

Mengenal Kopi lebih dekat.


Coffee atau Kopi dalam bahasa Indonesia secara luas dikenal sebagai minuman stimulan yang dibuat dari biji kopi. Kopi pertama kali dikonsumsi orang diabad ke 9 didaerah dataran tinggi Ethiopia, dari sana lalu menyebar ke Mesir dan Yaman lalu diabad ke 15 menyebar ke Armenia, Persia, Turki dan Afrika Utara. Oleh kaum Muslim lalu kopi diperkenalkan ke Italy dan bagian Eropa yang lain kemudian Indonesia serta Amerika. Saat ini kopi adalah salah satu minuman yang paling terkenal didunia.

Ada 2 jenis kopi yang termasuk tumbuhan Coffea yaitu Coffea canephora [dikenal juga dengan nama Coffea Robusta] dan Coffea arabica, tanaman kopi banyak terdapat di Amerika latin seperti Brazil, Asia Tenggara dan juga di Afrika. Buah kopi biasanya setelah dipetik kemudian diproses lalu dikeringkan, suhu pengeringan saat digongseng sangat tergantung dengan rasa kopi yang dikehendaki karena panas akan menghilangkan aroma dan rasa kopi itu sendiri.

Kopi sendiri bisa dihidangkan dengan berbagai macam cara dan rasa.

Kopi ternyata juga memainkan peranan penting dalam masyarakat, di Afrika dan Yaman ada semacam upacara meminum kopi. Gereja di Ethiopia pernah melarang kopi sampai datangnya Menelik II dari Ethiopia, kopi juga pernah dilarang di Ottoman, Turki karena masalah politik saat itu.

Saat ini kopi merupakan bahan eksport yang sangat penting seperti data tahun 2004 yang menunjukan kopi merupakan komoditi eksport utama di 12 negara dan ditahun 2005 manjadikan kopi sebagai penghasil devisa nomor 7 dari hasil pertanian dunia.

Kata Coffee berasal dari Inggris dan sudah mulai dipakai sejak tahun 1600an, di Italia dinamakan Caffe, kata-kata itu berasal dari Turki, Kahve yang diambil dari bahasa Arab, qahweh.

Di Arab sendiri tidak diketahui maksudnya, apakah karena berasal dari daerah Kaffa, suatu tempat di barat Ethiophia ataukah dari kata “qahwat al-bunn” yang berarti “anggur dari biji”. Di Eritria kata “bunn” juga diartikan “anggur dari biji”

full info from http://www.kampoengcoffee.com

Masukkan email anda untuk berlangganan Cheat Terbaru - Tips dan Trik Facebook :



Oleh : dedaeng ~ Blog Berbagi Kisah Dan Inspirasi

Anda sedang membaca artikel tentang Mengenal Kopi lebih dekat.. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca Mengenal Kopi lebih dekat.. Semoga Bermanfaat. Jangan sungkan untuk memberikan komentar, kritik dan saran.

0 Cheat Comments:

Posting Komentar

Jangan lupa memberikan comment setelah membaca blog Cheat Engine ya!!! Tengkyu GBU!!

 

Cheat Engine | Hack | Tips Trik Facebook. Copyright 2008 All Rights Reserved